OLAH RAGA OTAK MENCEGAH KEPIKUNAN DINI

Oleh : dr. Satya Gunawan, Sp.S

 

Olahraga otak berguna untuk mencegah pikun datang lebih cepat daripada yang seharusnya. Otak sendiri terdiri dari dua bagian, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berguna untuk hal-hal yang berhubungan dengan analitik, termasuk yang mengatur pembicaraan sehari-hari kita dan  fungsi otak kanan mengatur hal-hal yang bersifat kreatif, seperti seni. Bagaimana cara melatih keduanya?

Melatih Fungsi Otak Kiri :

  1. Bermain teka-teki silang: TTS dan permainan asah otak sejenis adalah latihan yang efektif agar otak kiri tetap aktif.
  2. Belajar berhitung: dapat membantu otak kiri terbiasa berpikir cepat dan analitis berdasarkan logika.
  3. Biasakan menulis: menulis dapat membantu meningkatkan aktivitas otak kiri karena membutuhkan penggunaan kata, struktur kalimat, dan ejaan. Bergabung dengan jaringan sosial, seperti Facebook, Twitter, atau MySpace membantu Anda terbiasa membentuk kalimat yang baik.
  4. Teratur membaca: dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi.
  5. Pelajari sesuatu yang baru: mempelajari keterampilan baru yang membutuhkan kemampuan analisis, seperti belajar bahasa baru berguna menambah keterampilan sekaligus tetap mengasah otak.

Melatih Fungsi Otak Kanan :

  1. Melukis: Menggambar adalah cara untuk memvisualisasikan sesuatu, merupakan latihan yang baik bagi otak kanan.
  2. Bermain permainan strategi: permainan strategi seperti catur, monopoli, atau permainan komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu Anda untuk lebih berpikir kreatif.
  3. Menyanyi: Memecahkan masalah adalah fungsi otak kanan, sehingga bernyanyi tentang masalah yang sedang Anda hadapi dapat membantu Anda menyelesaikannya.
  4. Pelajari sesuatu yang baru yang Anda belum pernah ketahui sebelumnya, seperti tentang aromaterapi atau belajar melukis, memahat, bermain gitar, atau bermain piano.

Selain hal-hal tersebut, ada beberapa olahraga otak lain yang dapat membantu melatih baik fungsi otak kanan maupun otak kiri, di antaranya:

  1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan: coba lakukan pekerjaan sehari-hari dengan tangan non-dominan.
  2. Ubah rutinitas: Latihan yang bisa dilakukan misalnya: mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.
  3. Latihan fisik: dapat meningkatkan kesehatan otak karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak juga dapat meningkatkan perhatian, daya nalar, dan memori.

Hidup sosial: otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>