AWAS KLILIP (CORPAL) PADA MATA ANDA

Oleh : Dr. Djoko Heru Santosa, Sp.M

Dalam melakukan pekerjaan setiap hari kita kadang-kadang lupa menggunakan alat pelindung mata. Terutama yang sering kita jumpai pada orang yang bekerja menggunakan GERINDA, atau yang biasa menggiling padi, juga pada orang yang berjalan tanpa pakai kaca mata.

Bila ada benda asing masuk ke dalam mata (KLILIP) harus segera kita keluarkan, jangan lebih 24 jam.

Sedangkan jenis benda asing (KLILIP) yang mengenai mata dapat dibagi menjadi tiga yaitu :

  1. Jenis Logam : biasanya terjadi pada penderita yang pekerjaannya menggunakan logam (Mesin Gerinda), pandai besi dll.

            Adanya Corpal dari logam yang mengenai Cornea akan membuat jaringan cornea tersebut mengalami peradangan dan infeksi.

            Proses infeksi akan terjadi setelah 24 jam dari masuknya logam tersebut pada mata.

  1. Jenis Tumbuhan : bila Klilip (corpal) berasal dari tumbuhan (sering pada penggiling padi atau terkena daun tebu, daun padi dll)

           Maka disini dapat terjadi infeksi, yang paling berbahaya adalah infeksi karena Pseudomonas. Bakteri ini sering ada pada tumbuhan, yang dalam waktu 2×24 jam dapat merusak jaringan cornea yang berakibat kebutaan, bila tidak segera mendapat terapi adekuat.

  1. Jenis tanah : bila klilip (corpal) yang berasal dari tanah/pasir, ini juga cukup berbahaya, karena bila tanah/pasir itu tidak dapat dikeluarkan (dalam mekanisme sekresi air mata) maka corpal yang tidak steril tadi dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Bila terjadi Klilip (corpal) pada mata pertolongannya :

  • MATA TIDAK BOLEH DIGOSOK-GOSOK (diucek-ucek)
  • Boleh dicuci (limbang) dengan menggunakan air steril (Misal air aqua). Tidak boleh dicuci (dilimbang) dengan air daun sirih.
  • Sebelum 24 jam harus SEGERA diperiksakan ke Dokter terdekat dan bila masih tampak MATA MERAH, SEGERA rujuk ke rumah sakit / Dokter Spesialis Mata RSUD dr. LOEKMONO HADI Kudus.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>