AYO PERIKSA GIGI (JANGAN TAKUT)

Oleh : drg. Umi Imamah

Sakit gigi bukanlah penyakit yang asing di masyarakat Indonesia. Penyakit ini diderita oleh hamper semua jenjang usia mulai dari anak-anak sampai dengan lanjut usia, dengan variasi penyakit yang bermacam-macam. Menurut FDI, Indonesia digolongkan dalam Negara dengan indeks karies (gigi berlubang) tinggi bahkan di atas Malaysia dan Brunei. Dimana rata-rata penduduk Indonesia memiliki gigi berlubang di atas 3-5 gigi. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya perlu usaha yang cukup keras dari tenaga kesehatan bersama-sama dengan masyarakat untuk menurunkannya. Apalagi Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Indonesia bebas gigi karies pada Tahun 2030. Sebetulnya hal ini dapat diatasi dengan pemeriksaan gigi yang teratur sesuai anjuran Dokter Gigi yaitu tiap 6 bulan sekali. Karena dengan periksa gigi secara rutin akan segera dideteksi adanya kelainan/penyakit sehingga akan segera dilakukan tindakan sesuai kebutuhan untuk mencegah keparahan.

Akan tetapi masalah yang sering dijumpai pada sebagian masyarakat ketika mendengar kata Dokter Gigi yang ada di pikiran adalah rasa linu, sakit, bur, suntik, kursi dan alat-alat yang mengerikan. Alasan lain juga muncul misalnya antrinya lama, dokternya kurang ramah atau bahkan alas an biaya (mahal). Dari semua alasan di atas yang paling banyak diakui pasien adalah takut, lebih spesifik lagi adalah takut sakit dan takut suntik. Rasa takut dirasakan betul pada anak-anak bahkan orang dewasa. Hal ini mungkin saja didapatkan ketika kecil sering ditakut-takuti (secara tidak sadar) oleh orang dewasa di lingkungannya, misal : “Awas ya jangan rewel nanti disuntik” atau “Jangan bandel ntar mama ajak ke Dokter Gigi biar dicabuttin gigimu” dan sebagainya. Kalau memang kondisinya sangat takut sebaiknya pasien dating untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dilakukan pemeriksaan dan tindakan selanjutnya. Dengan mengetahu iinformasi yang benar dari sumber yang tepat maka akan dapat mengurangi ketakutan atau kecemasan.

Untuk itu silahkan datang ke RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, kami para Dokter Gigi akan berusaha membantu anda, memberikan pelayanan yang terbaik kami demi kesehatan gigi seluruh masyarakat khususnya Kudus dan sekitarnya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>