BAGAIMANA CARA PEMILIHAN TAS RANSEL PADA ANAK

Oleh : dr. Abdul Hakam, M. Si Med, Sp. A

 

Pembebanan yang tidak sesuai dengan pola pertumbuhan tulang belakang dapat menyebabkan perubahan postur dan menyebabkan anak di remaja lebih beresiko cedera. Risiko cedera dan nyeri tulang belakang akibat penggunaan tas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jumlah beban dalam tas, waktu penggunaan, letak tas terhadap tubuh, ukuran dan bentuk beban, distribusi beban dalam tas, karakteristik fisik dan kondisi fisik anak.

Penggunaan tas ransel pada anak dianggap merupakan cara terbaik untuk memberikan beban secara simetris sehingga mengurangi pembebanan pada tulang belakang. Pemilihan tas ransel dengan dua tali bahu tentunya lebih baik ketimbang tas sandang / tas selempang. Karena pada tas sandang / tas selempang seluruh beban tas tersebut akan dipikul pada satu bahu saja. Belum ada batasan yang mutlak dan pasti mengenai standart berat tas yang diperbolehkan. Gabungan dari studi dan artikel-artikel yang ada selama ini menunjukkan variasi berat maksimal tas yang diperbolehkan berkisar antara 5-20% berat badan anak pada penggunaan tas ransel. Beban maksimal yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics 2007 dan American Occupational Therapy Association 2005 adalah 10-15% berat tubuh. Sementara pada penggunaan tas dengan 1 tali berat yang diperbolehkan hanya setengahnya saja.

Berikut adalah rekomendasi dari American Chiropractic Association mengenai pemilihan dan penggunaan tas ransel yang baik untuk anak dan dapat di anjurkan ke orang tua.

  • Bantulah anak untuk mengemas tasnya setiap hari, dan pastikan mereka tidak membawa beban lebih dari 10% berat badannya. Jadi jika berat anak 20 kg, maka beban yang dibawa tas ransel mereka sebaiknya tidak melebihi 2 kg.
  • Pilih ransel yang ukurannya sesuai. Panjang dan lebar ransel sebaiknya tidak melebihi batang tubuh (dada dan perut) anak, dan tidak menggantung lebih dari 4 inci di bawah garis pinggang. Bila menggantung terlalu berat maka akan meningkatkan beban di pundak.
  • Pilih ransel yang tali bahunya memiliki bantalan di pundak dan dapat diatur panjang dan kekencangannya. Ransel yang menggantung dengan tidak pas dapat menyebabkan posisi tulang belakang menjadi tidak lurus dan menimbulkan rasa nyeri.
  • Ransel dengan bantalan punggung akan lebih nyaman dipakai dan melindungi punggung anak dari benda-benda tajam seperti ujung pensil/pulpen, tepian buku dan penggaris.
  • Gunakan tali pinggang pada ransel agar berat beban bisa didistribusikan secara merata tidak hanya ke bahu dan punggung tapi juga ke seluruh batang tubuh dan pinggul.
  • Bila ransel memiliki banyak kompartemen pastikan benda-benda yang tajam dimasukkan ke dalam kompartemen yang paling jauh dari punggung, dan benda-benda yang berat dimasukkan ke dalam kompartemen yang paling dekat dengan tubuh.

Selalu tanyakan pada anak secara berkala apakah ada rasa nyeri akibat membawa tas mereka. Bila ada rasa nyeri yang terus berlangsung segera hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>